7. sambungkan sensor, controller, dan actuatornya.
seperti dibawah ini.
8. ubah sensor mouse pertama dari left button jadi mouse over. dan ubah actuator "scene" dari restart jadi set scene.
9.
1.Tambahkan Scene
2. Klik New
3. Ganti Nama Scene, dari Scene.001
4. Ganti Nama Scene, Jadi Menu
10. Kembali ke Scene Sebelumnya.
11. Select Object button tadi.
12. ubah scene pada actuator nya, menjadi scene "Menu" tadi,
13. Coba, Play gamenya ( tekan P ), lalu klik button yang telah dibuat tadi.
Kesimpulannya:
jika kita tambahkan dua sensor mouse, yang satunya mouse over dan satunya left button. maka jika button tersebut di klik di buttonnya, maka akan mengaktifkan suatu actuator. dan jika akan ditambahkan actuatornya scene > set scene, maka akan berpindah ke suatu scene yang lain.
Pertanyaan:
A: Mengapa harus dua sensor mouse, mouse over dan left button? mengapa tidak left button saja?
B: Karena, jika hanya ditambahkan sensor mouse left button, maka jika di klik, walaupun di klik di luar button, maka actuator akan aktif.
Sekian dari Saya, semoga bermanfaat buat semuanya. Terima kasih Telah membaca artikel ini.
Wassalam.
{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }
Posting Komentar